Pembelajaran Tingkat SD

Pembelajaran Tingkat SD (Sekolah Dasar)

MAKSUD DAN TUJUAN PROGRAM

Penyelenggaraan program Pendidikan Pembelajaran Tingkat SDĀ dimaksudkan untuk memberikan layanan pendidikan kepada warga negara Indonesia yang karena berbagai faktor dan sebab tidak dapat memperoleh layanan pendidikan setingkat SD/MI pada jalur pendidikan formal, sehingga pada akhir pembelajaran program diharapkan warga belajar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diakui setara dengan SD (sekolah dasar).

Penyelenggaraan program Pendidikan Pembelajaran Tingkat SD bertujuan untuk:

  • Menyediakan layanan pendidikan pada jalur pendidikan nonformal untuk menjaring anak-anak yang putus sekolah di tingkat SD untuk mensukseskan wajib belajar pendidikan dasar;
  • Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap warga belajar sehingga memiliki kemampuan yang setara dengan SD;
  • Membekali dasar-dasar kecakapan hidup yang bermanfaat untuk bekerja mencari nafkah atau berusaha mandiri;
  • Membekali pengetahuan, keterampilan, dan sikap warga belajar yang memungkinkan lulusan program dapat meningkatkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi (melanjutkan pendidikan pada program Pendidikan Kesetaraan Paket B atau SMP/MTs).

PESERTA DIDIK

Peserta program pembelajaran tingkat SD adalah mereka yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Lulusan Paud/ TK yang dibuktikan dengan ijazah.
  2. PRIORITAS bagi siswa putus sekolah SD/Paket A tidak perlu memulai pendidikan dari awal.
  3. Putra/putri anda atau Anda (sebagai pelajar dewasa) berusia wajib belajar. Namun, kami juga menerima berbagai usia dengan kata lain Sekolah kami adalah sekolah Bebas Usia.
graduation, graduation cap, education-2308406.jpg

HASIL YANG DIHARAPKAN

Hasil yang ingin dicapai pada akhir penyelenggaraan program Pendidikan Pembelajaran Tingkat SD ini adalah:

  • Tersedianya layanan pendidikan pada jalur pendidikan nonformal untuk menjaring anak-anak yang putus sekolah di tingkat SD/MIuntuk mensukseskan wajib belajar pendidikan dasar;
  • Peserta Didik memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diakui setara dengan lulusan SD;
  • Peserta Didik memperoleh dasar-dasar kecakapan hidup yang bermanfaat untuk mencari nafkah atau berusaha sendiri;
  • Peserta Didik memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang memungkinkan lulusan program dapat meningkatkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi (melanjutkan pendidikan pada program pendidikan kesetaraan Paket B atau SMP/MTs).
young, library, study-1822682.jpg

STRUKTUR KURIKULUM

Struktur kurikulum program pembelajaran tingkat SD, Tingkat SMP, Tingkat SMA dimaksudkan untuk mencapai standar kompetensi lulusan sesuai dengan Permen Diknas 23/2006 dengan orientasi pengembangan olahkarya untuk mencapai keterampilan fungsional yang menjadi kekhasan program program pembelajaran Tingkat SD yaitu: memiliki keterampilan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Kurikulum Nasional

  • Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK)
 

Kurikulum Internasional Cambridge Internastional Wxamination

  • Ujian Akhir Nasional
  • International General Certificate Secondary Education (IGCSE)
  • General Certificate Education Ordinary Level (GCE O Level)
  • General Certificate Education Advance Subsudary and Advanced Level (GCE AS & A Level)
Layer 1
https://mimleuwiliang.sch.id/wp-content/scor/